Ayo belajar dengan perjuangan agar sukses dikemudian hari
Posted by Unknown 07.14.00 No comments
KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
MENDIRIKAN TEMPAT PENGINAPAN





Disusun Oleh:
Tubagus Irfan Purwantara
15.11.8640


Jurusan Teknik Informatika
2015/2016




ABSTRAK

         Banyak kita melihat tempat-tempat usaha penginapan baik itu hotel, home stay, guest house, atau kost-kostan. Di dalam menjalankan bisnis ini bisa dibilang tergolong bisnis yang cerah prospeknya. Terlebih di era kini, masyarakat dengan budget minim pun ingin berlibur dan butuh tempat menginap dengan harga bersahabat. peluang bisnis ini bisa dibilang  tepat mengapa? karena di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 249,9 juta jiwa dan setiap tahunnya bahkan setiap bulannya akan terus bertambah apalagi kalau sudah memasuki musim liburan. 

PEMBAHASAN

           Meskipun bisnis ini tergolong cerak prospeknya tapi tetap harus menganalisis dengan metode  Strength, Weaknesses, Opportunity, Treat (SWOT) agar dalam pelaksanaan bisnis tersebut bisa lancar sesuai dengan keinginan secara efektif dan efisien. Mari kita mengenal lebih dalam.

1.      Apa itu hotel budget?
Sesuai namanya, hotel budget adalah hotel bintang dua yang ramah anggaran alias murah. Biasanya jumlah kamarnya pun tidak sebanyak hotel kelas atas dan rate-nya semalam pun murah, berkisar Rp200.000-Rp500.000.  Hotel kelas ini fasilitasnya terbatas. Dalam hotel budget, wisatawan hanya membayar sesuai apa yang mereka gunakan. Bahkan untuk keperluan mandi seperti handuk, sabun, dan shampo. Kalau tamu perlu fasilitas tersebut, tinggal bayar atau menyewa saja. Berbeda halnya dengan hotel berbintang lima yang menyediakan fasilitas entertainment yang memuaskan pengunjungnya, hotel budget hanya menyediakan kamar dan pelayanannya saja. Food and beverage-nya pun terbatas, tidak sekomplit hotel kelas atas. Jadi hotel ini memang dirancang untuk mereka yang ingin liburan tapi budgetnya terbatas.

2.      Bagaimana prospek dan pengelolaannya
Ada 34 provinsi di Indonesia yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Itulah mungkin yang mendorong banyak bertumbuhnya hotel budget di Indonesia. Tingkat okupansi hotel ini pun lumayan tinggi, sampai 60 persen. Contoh hotel budget yang sudah punya nama di Indonesia dan di luar negeri, misalnya  Tune Hotel, POP! Hotel, Formula One Hotel, Whiz Hotel, atau Hotel Amaris.
Bukan hanya pebisnis dengan budget yang biasa-biasa saja, pemain besar pun terjun ke bisnis hotal budget ini, seperti pengembang Ciputra Grup atau Agung Podomoro Land. Namun Anda tidak perlu takut. Ceruk pasar dalam bisnis ini masih terbuka lebar. Break even point alias balik modal pun tak terlalu lama, sekitar 5 tahun saja. Menarik, bukan?
3.      Hambatan-hambatan bagi pemula
Jika Anda pemula dan ingin membangun hotel budget, tak perlu ragu lagi. Siapkan saja lahan seluas 500–800 meter persegi. Lahan seluas ini cukup untuk membangun 20–50 kamar. Menyiapkan bangunan fisik bukan hal rumit dalam pembukaan sebuah hotel budget. Yang agak rumit adalah masalah set up sistem dan manajemen hotel. Dua hal itu membutuhkan waktu lama dan pemikiran panjang, serta biaya yang lumayan banyak. Terlebih jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang manajemen perhotelan. Perlu waktu agak lama untuk mempelajarinya.
Namun jangan cemas. Semua itu akan teratasi jika Anda memakai jasa konsultan perhotelan. Mengeluarkan biaya lebih memang, tapi bayangkan waktu yang bisa Anda hemat. Waktu yang Anda bisa manfaatkan untuk memikirkan ide kreatif untuk pemasaran dan promosi hotel budget Anda.
Dalam pengelolaan, hotel budget agak sedikit berbeda dengan hotel berbintang lima atau hotel elite lainnya. Pengelolaan di dalam hotel dilakukan seminim mungkin untuk menghemat biaya dan senantiasa menuntut inovasi dan kreativitas.
4.      Cara berpromosi
Dalam rangka menghemat anggaran, promosi lewat internet adalah jawabannya. Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial, blog, website, atau pun jejaring komunitas backpacker di Internet sebagai target marketnya. Namun untuk lebih maksimal lagi, lebih baik konsultasikan saja dengan  penyedia jasa periklanan digital, misalnya http://id.gopher.co.id.

Nah,  itu tadi pembahasan tentang memulai bisnis hotel budget. Apakah Anda tertarik?

Sumber:
http://id.gopher.co.id/membaca-peluang-bisnis-hotel-budget/
http://fokus.kontan.co.id/news/ramai-ramai-cicipi-peluang-bisnis-hotel-budget
http://koran-sindo.com/node/315233
http://knhotelconsultant.wordpress.com


0 comments :

Posting Komentar

Search

Bookmark Us