Tutorial pada pembuatan pesawat animasi 3D ini menggunakan sofware autodesk 3Ds max 2009.
Pada tutorial ini akan ditunjukkan bagaimana cara modeling dengan cara yang sederhana menggunakan autodesk 3Ds max 2009. Kenapa menggunakan autodesk 3Ds max 2009? Karena memudahkan kita saat pesawat 3D ini untuk dianimasikan (digerakan).
klik panel Create > Geometry > Box untuk membuat box. Atur parameter Length= 50, Width= 120 dan Height= 35.
- Supaya bentuknya bisa dimodifikasi, ubah box menjadi Editable Poly. Caranya, klik kanan box > Convert to > Convert to Editable Poly.
- Sekarang, kita akan membuat sayapnya. Aktifkan modus polygon dan pilih polygon bagian kanan dan kiri objek box. Supaya lebih paham, lihat gambar gan…
- Klik tombol Inset Setting. Pada jendela Inset Polygons yang muncul, atur Inset Amount= 10
- Masih dengan posisi polygon yang terseleksi, klik tombol Bevel Setting. Atur Height= 80 dan Outline Amount= -4.
Sekarang, objek box sudah mempunyai sayap di kedua sisinya.
- Sekarang, kita akan membuat moncongnya. Pilih moncong….eh, polygon bagian depan, lalu klik tombol Bevel Setting. Atur height=15 dan Outline Amount=-7.
- Untuk bagian atas, kita akan membaginya menjadi dua polygon karena dibagian atas sini, kita akan membuat kaca dan ekor. Aktifkan modus edge lalu pilih dua edge seperti gambar. Untuk memilih dua edge, klik satu edge kemudian klik edge lainnya sambil menahan tombol Ctrl. Setelah keduanya terseleksi, klik tombol Connect Setting.
- Nah, atur Segments=1 supaya sambungan hanya satu segmen saja. Sekarang bagian atas mempunyai dua polygon.
- Kembali ke modus polygon. Seleksi polygon atas yang depan dan klik tombol Bevel Setting.
-Atur nilai Height= 22, dan Outline Amount= -10
- Sekarang, selesksi polygon bagian atas (yang belakangnya) dan klik tombol inset setting. Atur nilai Inset Amount=10.
- Masih dengan polygon terseleksi, klik tombol Bevel
Setting dan atur nilai Height=20, dan Outline
Amount=-5.
- Ok, sekarang bentuk kapal sudah mulai kelihatan. Tapi masih sangat
mentah karena sudut-sudutnya belum mulus seperti pesawat asli.
- Agar bentuk kapal lebih mulus, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth.
Klik panel Modify > Modifier List: Turbo Smooth
- Bentuk pesawat akan menjadi seperti ini....
Klik panel Modify > Modifier List: Turbo Smooth
- Bentuk pesawat akan menjadi seperti ini....
- Dengan Inset dan Extrude, buat agar polygon menebal dan timbul seperti gambar dibawah...
- Dengan Inset dan Extrude
pula, bentuk agar bagian depan rocket seperti gambar dibawah.
- Selanjutnya, dengan tool Select and Scale,
perkecil polygon hingga runcing seperti ini:
- Saya menambahkan jendela dibagian depan. Cara membuatnya, dengan
memilih empat polygon yang menyerupai kaca pesawat dan menggunakan tombol Inset
dan Extrude supaya menjorok kedalam...
-Agar pesawat lebih mulus lagi, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth dengan iterations=2.
-Agar pesawat lebih mulus lagi, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth dengan iterations=2.
0 comments :
Posting Komentar